Monday 13 March 2017
Thursday 29 December 2016
Perbedaan Linux 32 bit dan 64 Bit
Saat ini komputer PC baik laptop maupun
desktop yang menggunakan sistem operasi Linux umumnya tersedia dalam dua
jenis, menggunakan Linux versi 32-bit (i386) atau versi 64-bit (amd64).
Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor
PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem
operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar,
sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software
untuk sistem operasi 64-bit.
Perbedaan Linux 32bit dan 64bit
terdapat pada kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi
dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian
angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung
sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit
sekaligus.Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Linux, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.
Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Linux yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.
Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game terbaru telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.
Linux edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software atau aplikasi yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Namun rekomendasi yang terbaik adalah tetap menggunakan repository aplikasi yang berbasiskan 64bit (amd64).
Tuesday 25 October 2016
Mengembalikan flashdisk Read only
Ini kejadianya adalah flashdisk filenya di hidden jika di baca dengan windows, tetapi jika di buka dengan linux mint akan terlihat folder tanpa nama ( Kok bisa )
Jika kita lihat propertiesnya ukuran file hingga lebih dari 24 Gb, padahal flashdisk hanya 8 Gb, aneh bin nyata...
Akhirnya di coba kembalikan read onlynya dengan cara :
1.Buka Aplications --> Accessories --> Terminal
2.Ketik df -h (Untuk mengetahui apakah flashdisk anda dibaca sebagai sda, sdb, atau sdc)
3.Setelah mengetahui letak flashdisk anda ketikkan perintah sudo dosfsck -a -v /dev/sde1
*sdb1 adalah letak flashdisk saya, mohon disesuaikan dengan letak flashdisk anda*
Setelah selesai, lakukan safely remove drive, kemudian colokkan kembali flashdisk anda
Semoga ada manfaatnya....
Jika kita lihat propertiesnya ukuran file hingga lebih dari 24 Gb, padahal flashdisk hanya 8 Gb, aneh bin nyata...
Akhirnya di coba kembalikan read onlynya dengan cara :
1.Buka Aplications --> Accessories --> Terminal
2.Ketik df -h (Untuk mengetahui apakah flashdisk anda dibaca sebagai sda, sdb, atau sdc)
3.Setelah mengetahui letak flashdisk anda ketikkan perintah sudo dosfsck -a -v /dev/sde1
*sdb1 adalah letak flashdisk saya, mohon disesuaikan dengan letak flashdisk anda*
Setelah selesai, lakukan safely remove drive, kemudian colokkan kembali flashdisk anda
Semoga ada manfaatnya....
Thursday 22 September 2016
Persamaan aplikasi di Windows dan Linux
Inilah daftar aplikasi yang mirip windows di linux, selamat mencoba
3D Max | Blender |
ACDC | Xnview, Kview,dll |
ACDSee | Digikam |
Adobe Acrobat | Acrobat Reader, GhostView, Xpdf |
Adobe Destiler | Adebe Acrobar Destiler, PDF Latex, Panda Gen, dll |
ASP | PHP, Java |
AutoCAD | QCAD, VariCAD, OCTREE, DIA (Diagram), Alliance |
CoolEdit | Audacity |
CorelDraw | Inkscape, Xara |
DreamWeaver | NVU |
Exchange Server | Postfix, Sendmail, Qmail |
File/Print Sharing | Samba, NFS, CUPS |
IIS Web Server | Apache Web Server |
Internet Explorer | Firefox, Konqueror, Google Chromium |
Macromedia Flash | Swish |
Media Center | XboxMediaCenter |
Microsoft Access | Open Office Base |
Microsoft Office | Star Office, Open Office, Goffice |
MS Office | OpenOffice, KOffice, AbiWord, Gnumeric, Libreoffice |
Ms. Access, Interbase 6 | Knoda, Gnome Db manager, Interbase, Berkley DB |
MyMoney | GnuCash |
Nero | K3b, Brasero |
Nero Burning | K3b, KonCD, Arson, CD-me |
Notepad, Wordpad, Textpad | Kedit, Gedit, Vim, Nedit, Kwrite, dll |
Outlook | Evolution, Thunderbird, KMail |
Outlook Ekspress | Evolution, Arrow, Kmail, dll |
Photoshop | GIMP, ImageMagic |
Publisher/PageMaker/InDesign | Scribus |
SPSS | R-base, PSPP |
SQL Server | MySQL, PostgreSQL |
Video Convert | WinFF |
Virtual CD | Virtual CD Karnel Modul |
VisualBasic/.Net | Gambas/Mono |
WinAmp | XMMS, Rhythmbox, Amarok |
Winamp, Media Player, Real Juke | XMMS, Winamp, Xine, Mplayer, Noatun, Zinf |
Windows Eksplorer, Internet Eksplorer | Konqueror, Firefox, Gnome Commander, Nautilus,dll |
Windows Media Player | MPlayer, Totem, Xine, VLC |
Windows Movie Maker, A.Premiere | Cinellera,Xshot,KDenlive |
WinZip | File Roller, Ark |
Winzip, Winrar | Gnozip, Ark, linzip, FileRoller, dll |
Yahoo Messenger | Pidgin, Yahoo Messenger unix.Gyachi |
Tuesday 3 May 2016
Cara Masuk bios HP Sony Vaio E Series
Cara masuk
bios Laptop SONY VAIO E Series – Ketika pertama
kali saya menginstall Laptop SONY VAIO E
series, saya kasulitan untuk mengatur biosnya karena tidak ada pilihan untuk
masuk di setingan bios seperti halnya laptop-laptop lain. Susah juga ya ini
Laptop, Pusing tujuh keliling , segala tombol sudah di coba, Mulai tombol F1
sampai F12 sudah saya coba tapi tetap saja tidak bisa. Bahkan tombol delete
juga tidak bisa. Saya coba Browsing di google.com, terlalu banyak artikel yang
menyarankan dengan menekan tombol ASSIST,
maka akan langsung masuk ke bios. Nah cara ini sudah saya coba dan berhasil.
Tinggal sesuaikan pilihanya saja. Banayk menunya kok disitu. Jika tidak bias coba
ulangi cara di atas tapi pastikan dulu power mati, kalau perlu cabut saja
baterainya dulu. Selamat mencoba semoga berhasil. Jika tidak bisa di bawa ke
tempat saya he he he
Thursday 31 March 2016
Install Windows XP dalam 10 Menit
Menginstall Windows XP butuh waktu yang lumayan lama, apa lagi ada pekerjaan yang buru buru harus di selesaikan.
Alasan install windows banyak sekali, di antara karena system tiba tiba crash di saat kita membutuhkan.
Berikut saya tuliskan sedikit triknya, semoga bermanfaat...
= Langkah pertama seperti biasa, atur bios ke media booting bisa fashdisk maupun CDroom
= Ikuti langkahnya seperti biasa, hingga proses tampilan seperti di bawah ini
= Untuk membypass prosesnya, coba tekan tombol SHIFT dan F10 akan tampil task manager.
= Setelah jendela task manager tampil, cari proses setup.exe, klik kanan.
dan set priority ke Higest. ( Ini akan mempercepat proses setup )
Alasan install windows banyak sekali, di antara karena system tiba tiba crash di saat kita membutuhkan.
Berikut saya tuliskan sedikit triknya, semoga bermanfaat...
= Langkah pertama seperti biasa, atur bios ke media booting bisa fashdisk maupun CDroom
= Ikuti langkahnya seperti biasa, hingga proses tampilan seperti di bawah ini
= Untuk membypass prosesnya, coba tekan tombol SHIFT dan F10 akan tampil task manager.
= Setelah jendela task manager tampil, cari proses setup.exe, klik kanan.
dan set priority ke Higest. ( Ini akan mempercepat proses setup )
= Tinggal saja komputer untuk meneruskan cucian baju yang belum selesai, kemudian di jemur. gak usah nunggu kering tapi segera lihat komputernya apakah sudah selesai di install atau belum.
Selamat mencoba..
Pertanyaan silahkan kirim ke : edhipurwanto@gmail.com ( 0852-8949-5669 )
Monday 14 March 2016
Hiden / Unhiden Drive in Windows 7
Step 1: Type CMD in
Start menu search area and hit Enter to launch Command Prompt. You can
also find the Command Prompt under Accessories category in Start menu.
In Windows 10 and 8.1, you can right-click on the Start button, and then
click Command Prompt to open the same.
Step 2: In the Command Prompt, type Diskpart and hit enter key. Click Yes if you are prompted with UAC (User Account Control) dialog-box.
Step 3: And then type List Volume and hit enter to see list of all drives.
Step 4: Select the drive that you want to hide. To do this, type Select Volume G (here, G is the drive letter) or Select Volume 8 (here 8 is the volume number)
Step 5: To hide a drive, type Remove Letter G. Here, G is the drive letter than you want to hide.
Step 6: You are done. Close the Command Prompt.
Method 2 of 2
To show the hidden drive, follow the steps given below:
Step 1: Follow the procedure mentioned in step 1, 2, and 3 of Method 1.
Step 2: Select the volume number for which you want to assign a drive letter and show in the explorer. Type Select Volume 8 (here, 8 is the volume number) and hit Enter key.
Step 3: Once selected, type Assign Letter G and hit Enter key to see the drive in explorer(replace G with the drive letter that you have previously removed).
Wednesday 10 February 2016
Masalah pada Kopling dan Cara Kerja Kopling
Sistem
kopling yang
akan kita bicarakan disini adalah sistem kopling manual yang
selanjutnya kita sebut dengan kopling saja. Berikut montirgw.com
ulas untuk montir mania mengenai sistem kopling dan
masalahnya.
Berikut ini ditampilkan gambar komponen penting pendukung kopling, secara urut : Fly wheel atau roda gila, Clutch disc atau plat kopling, Clutch cover atau dekrup dan Clutch release bearing atau Drek lahar.
Berikut ini ditampilkan gambar komponen penting pendukung kopling, secara urut : Fly wheel atau roda gila, Clutch disc atau plat kopling, Clutch cover atau dekrup dan Clutch release bearing atau Drek lahar.
Susunannya
di dalam mobil adalah :
Cara
Kerja Kopling :
Fly
wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank
Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling
menjadi satu-satunya perantara tenaga mesin dengan Porseneleng kita
yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Dekrup
bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin diteruskan dan kapan
tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat
menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.
Catatan
: Dekrup di ikat dengan 6 (biasanya) baut terhadap fly wheel. plat
kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup.
Pada bagian tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan
masuk kedalam As blender sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke
Gearbox porseneleng.
Ketika
kaki tidak menginjak pedal kopling
Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan di atas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah – olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan sebagai benda rigid. sehingga apabila fly wheel berputar 10 rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox porseneleng (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.
Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan di atas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah – olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan sebagai benda rigid. sehingga apabila fly wheel berputar 10 rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox porseneleng (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.
Ketika
kaki menginjak pedal kopling :
Ketika kaki montir mania menginjak pedal kopling, maka drek lahar mendorong kuku atau tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free atau perei.
Ketika kaki montir mania menginjak pedal kopling, maka drek lahar mendorong kuku atau tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free atau perei.
Dimana
perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat
kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox
porseneleng. Pada saat ini perpindahan gigi dari porseneleng dapat
dilakukan. Di dalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di
atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui
rasio gigi.
Masalah
Kopling
Susah
masuk gigi :
hal
ini mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal, sebelum dapat
mengetahui sumber kerusakan kita harus dapat mengetahui ciri-ciri
atau gejala-gejala yang terjadi. Gejala-gejala yang mungkin terjadi
antara lain adalah :
Susah
masuk gigi Vosneling baik saat mesin dimatikan maupun dihidupkan :
hal
ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal
ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, shift cable atau kabel
gigi yang sudah rusak atau putus atau mekanisme pengoper gigi di
dalam gearbox.
Kopling
susah masuk gigi hanya pada saat mesin dihidupkan atau dinyalakan,
namun mudah jika mesin dimatikan :
dalam
hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan yang pertama adalah kerusakan
terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu :
-
Master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork atau garpu kopling retak, bushing fork dan atau clutch release bearing atau drek lahar itu sendiri.
-
Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri-ciri tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.
Kopling
bergetar saat pertama mau jalan :
90%
hal ini terjadi karena penggunaan Clutch disc atau plat kopling yang
kurang bagus (pantekan atau imitasi murahan), 10% fly wheel
bergelombang.
Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil ga mau lari (acceleration kurang) :
Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil ga mau lari (acceleration kurang) :
80%
hal ini terjadi karena plat kopling anda sudah tipis, dan lebih parah
lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk
accelerasi. 20% Fly wheel aus atau "legok" hal ini biasanya
terjadi karena penggunaan plat kopling yang kurang bagus bahanya
(imitasi).
Terdengar
suara2 dari transmisi :
ada
beberapa jenis suara yang mungkin timbul dalam transmisi antara lain
1.
Bunyi Clutch release Bearing = bunyi dari drek lahar ini akan
terdengar ketika kita menginjak kopling saat mesin hidup, dan akan
hilang suaranya ketika kita melepas kopling.
2.
Bunyi Pilot bearing = Akan terdengar saat mesin dihidupkan meskipun
kita menginjak kopling atau tidak.
3.
Bunyi pada saat jalan = jika kedua bunyi di atas dapat di dengar
tanpa pergerakan kendaraan, jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat
didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal
dari bearing di dalam gearbox anda.
4. Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.
Jika montir mania mendapati masalah di luar dari gejala yang montirgw.com sebutkan mohon bertanya atau hubungi bengkel rekanan kami terdekat.
4. Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.
Jika montir mania mendapati masalah di luar dari gejala yang montirgw.com sebutkan mohon bertanya atau hubungi bengkel rekanan kami terdekat.
Image
: azmot.blogspot.com , otomotrip.com ,otomotrip.com
Subscribe to:
Posts (Atom)