Tuesday 2 April 2013

Membuat ftp server lokal dengan xampp

Iklan : Ada kesulitan? Hubungi : 0852-8949-5669 atau email edhipurwanto@gmail.com.
Bisa untuk kantor, rumah atau dimana saja, Jangan ragu Segera hubungi kami


Jika anda berlangganan hosting web server, hampir pasti anda akan mendapatkan juga account untuk FTP Servernya, dimana FTP server ini sesuai dengan namanya FTP (File Transfer Protocol) berfungsi untuk melakukan tranformasi (upload dan download) file dari komputer lokal anda ke Web Server. Dengan demikian editing isi situs / web bisa dilakukan secara offline (lokal) dan setelah jadi baru dilakukan upload ke web server melalui fasilitas FTP Server. Untuk dapat membangun sebuah FTP Server, saat ini sudah sangat mudah sekali, lain dengan saat jadul. Sekarang malah sudah ada Application Server yang udah siap pakai dan komplit berisi Web Server sekaligus FTP servernya gratis lagi Wink, salah satunya adalah XAMPP.
filezilla31
XAMPP secara default semua servicenya tidak aktif, untuk mengaktifkan tinggal centang kolom Svc sesuai dengan modulnya, contoh untuk mengaktifkan fasilitas FTP server tinggal centang modul Svc FileZilla (nama modul FTP server)
nanti akan ada konfirmasi apakah service ini akan dijalankan otomatis setiap kali komputer restart atau tidak, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan anda atau anda bisa lakukan start dan stop servicenya secara manual melalui toggle tombol start / stop.
Proses selanjutnya adalah melakukan konfigurasi admin-nya, dimana dari menu admin ini kita dapat melakukan konfigurasi pemilihan folder sharing, add user dll. Click icon bergambar satu orang (user) untuk dapat melakukan administrasi terhadap salah satu user. Lihat gambar FileZilla Server dibawah.
filezilla1
Untuk memberikan akses ke dalam FTP Server, maka lakukan add user, click menu add pada kotak users, berikan nama login usernya dan set passwordnya.  Dan untuk memberikan hak akses pada web folder maka lakukan sharing folder, click Share folders pada kolom page, click add pada kolom Shares folders, trus arahkan ke folder htdocs yang mau di share (diakses oleh user). Jangan lupa untuk Atur hak akesnya pada kolom files dan direktories apakah read, write dsb. Lihat gambar dibawah. Lihat gambar dibawah
filezilla2
Setelah proses ini selesai maka user yang telah dibuat tadi sudah siap untuk melakukan transformasi file melalui koneksi ke FTP server anda…. Smile
Good Luck,…. semoga lancar, berhasil dan bermanfaat …..

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar anda di sini ...!!!